eprintid: 58381 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/83/81 datestamp: 2018-08-20 02:52:58 lastmod: 2019-10-01 11:32:01 status_changed: 2018-08-20 02:52:58 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Siti Nurjanah, Siti Nurjanah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERTIMBING SMA N 1 PENGASIH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, mapel sejarah, SMA N 1 Pengasih abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib tempuh bagi mahasiswa program studi pendidikan. PLT merupakan sarana untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa prodi kependidikan dibangku kuliah baik itu berupa ilmu bidang keahlian maupun ilmu keguruan terutama yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman terkait proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan sebagai bekal awal menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa melalui kegiatan ini diharapkan mampu untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan atau kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik seperti kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. PLT telah dilaksanakan di SMA N 1 Pengasih dalam waktu 2 (dua) bulan yakni sejak 16 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT diawali dengan observasi (observasi pembelajaran di kelas dan kondisi sekolah) sampai dengan pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahap seperti persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi. Praktik Lapangan Terbimbing berjalan dengan lancar. Penulis memperoleh kesempatan mengajar di 4 (empat) kelas yakni kelas X IPS 2, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 dengan mata pelajaran sejarah peminatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT selama dua bulan di SMA N 1 Pengasih, penulis mendapatkan pengalaman yang sangat berharga terkait pembelajaran dan pengelolaan kelas serta menyusun perangkat pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, penulis menemukan berbagai kendala sehingga proses pembelajaran menjadi terhambat dan tidak bisa menyeluruh. Adapun hambatan tersebut diantaranya adalah kekurang tertarikan peserta didik terhadap mapel sejarah, ketidaksiapan peserta didik mengikuti pelajaran, sebagian besar peserta didik adalah atlet yang sedang mengikuti berbagai turnamen, teknik pengelolaan kelas, ketersediaan buku paket, dan penguasaan dan penyampaian materi. Untuk mengatasi hal-hal tersebut penulis menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Siti Nurjanah, Siti Nurjanah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERTIMBING SMA N 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58381/1/14406241022_Siti%20Nurjanah_Pendidikan%20Sejarah.pdf