@techreport{UNY58373, author = {Anis Marsiyah Anis Marsiyah}, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI 6 BENDUNGAN}, journal = {Laporan PLT}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2017}, type = {Project Report}, keywords = {PLT, SD Negeri 6 Bendungan , UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/58373/}, abstract = {Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program dari universitas yang dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa guna meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PLT ini dilaksanakan pada semester 7 tahun 2017, dari bulan September sampai November. SD Negeri 6 Bendungan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menjadi salah satu lokasi PLT bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas (PGSD PENJAS) pada tahun 2017. Tujuan dari program PLT ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, khususnya dalam pendidikan dasar dibidang jasmani, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui, mengenal, dan mempelajari, serta menghayati informasi dan permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan, serta mengembangkan sikap sebagaimana seorang pelaku di dunia pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PLT. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah mengajar Penjas disekolah namun karena keterbatasan tempat, pelaksanaan dilakukan di lapangan luar sekolah selama 2 bulan. Dimulai dari tanggal 15 September- 15 November 2017. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, mahasiswa sebagai praktikan terlebih dahulu melakukan observasi ke sekolahan, melakukan konsultasi terkait dengan jadwal mengajar dan materi yang akan diajarkan dengan guru penjas, menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), melakukan konsultasi RPP media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan PLT, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman langsung dilapangan, sehingga mahasiswa dapat merasakan menjadi seorang guru yang sesungguhnya, berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar selain itu mahasiswa juga dapat mengenal segala permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. Dengan demikian mahasiswa viii menerapkan ilmu yang sudah dikuasai untuk diterapan di pendidikan yang sesungguhnya} }