%J Laporan PLT %D 2017 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)/ MAGANG III SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK KEPEK, PENGASIH, KECAMATAN PENGASIH, KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE: 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017 %L UNY58354 %X Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilakukan di SD Negeri Kepek yang beralamat di Kepek, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PLT adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. PLT dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan PLT dilakukan pada kelas 1 sampai dengan kelas 6. Program kerja PLT diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Berdasarkan observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, ujian praktik mengajar terimbing, pembuatan RPP, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar serta kegiatan lain yang dapat membantu pihak sekolah. Semua program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang diakibatkan oleh perbedaan individual yang dimiliki siswa menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif. Dari pelaksanaan kegiatan PLT, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi dibidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan sekolah yang terkait. %A IBNU PRABOWO IBNU PRABOWO %K Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing,SD Negeri Kepek,UNY.