eprintid: 58297 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/82/97 datestamp: 2018-08-18 05:20:53 lastmod: 2019-10-01 11:27:12 status_changed: 2018-08-18 05:20:53 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: FELITA APRILLA ZORA, FELITA APRILLA ZORA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, observasi, program kerja abstract: Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan di SMA Negeri 2 Klaten dengan alamat di Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salat satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PLT adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dimulai sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum melakukan PLT, mahasiswa melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 2 Klaten. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2017, 3 Maret 2017 dan 19 September 2017. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PLT untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PLT ini, penulis mendapat tugas untuk mengajar kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 7. Program kerja yang dilakukan penulis untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah pembuatan RPP dan seperangkatnya serta pembuatan soal-soal ulangan harian dan remedial. Proses Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 2 Klaten dapat dikatakan berjalan lancar. Selama PLT mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar ini dapat berjalan lancar berkat bantuan dan bimbingan guru pembimbing maupun dosen pembimbing. Dengan adanya PLT, mahasiswa dapat merasakan langsung bagaimana menjadi guru. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa sehingga mahasiswa mengetahui masalah yang dialami siswa dan cara mengatasinya date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: FELITA APRILLA ZORA, FELITA APRILLA ZORA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58297/1/LAPORAN%20INDIVIDU%20FELITA%20APRILLA%20ZORA.pdf