@phdthesis{UNY58286, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, year = {2018}, month = {August}, author = {Satmoko Satmoko and Sigit Wahyu Nugroho}, title = {PERMAINAN ANAK DESA SOMOPURO SEBAGAI OBJEK PENCIPTAAN LUKISAN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/58286/}, abstract = {Penulisaan tugas akhir karya seni ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep penciptaan lukisan, proses visualisasi (alat bahan dan teknik) penciptaan lukisan dan bentuk lukisan dengan objek Permainan Anak Desa Somopuro. Dalam menciptakan karya seni lukis ini penulis menggunakan metode eksplorasi, observasi dan visualisasi. Eksplorasi sangat penting karena penulis akan mengumpulkan informasi baik yang berkaitan dengan tema maupun objek karya lukis tersebut. Observasi untuk mengetahui ciri khas bentuk permainan anak desa somopuro, dan juga untuk mengetahui beberapa gestur macam-macam gerakan pada anak-anak yang sedang memainkan permainan anak desa somopuro, misal Bal-Balan Lendhut yang menjadi ciri khas permainan di desa Somopuro. Sedangkan pendekatan penciptaan lukisan menggunakan pendekatan naturalisme. Kemudian visualisai bentuk dari pembuatan beberapa sketsa dikertas kemudian melalui pemilihan sketsa tersebut kemudian diterapkan diatas kanvas, yang selanjutnya melalui proses pewarnaan menggunakan cat minyak. Hasil karya yang dihasilkan adalah lukisan Naturalistik dimana dalam penciptaannya meniru objek langsung maupun menggunakan gambar foto yang mana terdapat perubahan dimana sesuai dengan ide pelukis agar menimbulkan kesan yang indah. Delapan lukisan tersebut yaitu: ?Golek Iwak? (70 x 90), ?Nabok Banyu? (70 x 90), ?Bal ? Balan Lendhut? (80 x 90), ?Benthik? (100 x 120), ?Ngoyak Layangan? (100 x 120), ?Egrangan? (110 x 130), ?Mlintheng Manuk? (110 x 130), ?Sundlupan? (110 x 130).} }