eprintid: 58279 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/82/79 datestamp: 2018-08-18 05:08:32 lastmod: 2019-10-01 11:25:58 status_changed: 2018-08-18 05:08:32 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: CHOLID NASRULLAH, CHOLID NASRULLAH title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SMA Negeri 3 Klaten, Program PLT abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semester ganjil tahun 2017 telah dilaksanakan di SMA Negeri 3 Klaten, Jl. Mayor Sunaryo 42 Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah 57435 selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. PLT sebagai usaha untuk meningkaatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing(PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran dan fungsinya selama PLT dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) materi sosiologi di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, pembelajaran ekstrakurikuler (hafidz qur’an), kegiatan-kegiatan sekolah serta piket. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: CHOLID NASRULLAH, CHOLID NASRULLAH (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58279/1/LAPORAN%20PLT%20SMA%20N%203%20KLATEN.pdf