%0 Thesis %9 S2 %A Rahmawati, Tiara Wahyu %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:58267 %I UNY %K supervisi akademik, partisipasi dalam MGMP, diklat, kompetensi guru %T Pengaruh Supervisi Akademik, Partisipasi dalam MGMP, dan Diklat terhadap Kompetensi Guru IPS SMP di Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/58267/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskanpengaruh supervisi akademik, partisipasi guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Pendidikan-Pelatihan (Diklat) terhadapkompetensi guru IPS SMP di Kabupaten Sleman, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif kausal dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian adalah 183 guru IPS SMP di Kabupaten Sleman. Dari populasi tersebut diambil sampel 85 orang guru dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal uji kompetensi. Teknik validitas instrumen dilakukan dengan expert judgementdan Confirmatory Factor Analisisdengan bantuan SPSS, sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan Multiple Regression Analysis/ regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwaada pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik, partisipasi guru dalam MGMP, dan diklat terhadap kompetensi guru IPS SMP di Kabupaten Sleman baik secara sendiri-sendiri/ parsial maupun bersamaan/ simultan. Pelaksanaan supervisi akademik yang maksimal mampu meningkatkan kompetensi guru dengan baik. Partisipasi guru dalam kegiatan MGMP maupun diklat secara aktif juga mampu meningkatkan kompetensi guru dengan maksimal. Sehingga ketiga variabel tersebut, yakni supervisi akademik, partisipasi guru dalam MGMP, serta diklat dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kompetensi guru.