eprintid: 58255 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/82/55 datestamp: 2018-08-18 05:05:42 lastmod: 2019-10-01 11:25:07 status_changed: 2018-08-18 05:05:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: AYANTRI MAHDA EGASTA, AYANTRI MAHDA EGASTA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DI SMK NEGERI 2 KLATEN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Konstruksi Beton Bertulang, SMK Negeri 2 Klaten, PLT UNY 2017 abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PLT UNY 2017 adalah SMK Negeri 2 Klaten yang beralamat di Senden, Ngawen, Klaten. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PLT, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Konstruksi Beton Bertulang”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 September s/d15 November 2017, dengan menerapkan Kurikulum KTSP dan jumlah total 6 jam mengajar tiap minggu. Selama kegiatan PLT, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XII TKBB dengan mata pelajaran Konstruksi beton Bertulang Dari kegiatan PLT ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dengan bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK Negeri 2 Klaten untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PLT sehingga setelah melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: AYANTRI MAHDA EGASTA, AYANTRI MAHDA EGASTA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58255/1/Ayantri%20Mahda%20E%2014505241025.pdf