<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Kajian Ekranisasi: dari Novel Pintu Terlarang ke Film Pintu Terlarang"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perubahan alur dari novel\r\nke dalam film Pintu Terlarang dan (2) mendeskripsikan perubahan penokohan\r\ndalam film Pintu Terlarang setelah melalui proses ekranisasi.\r\nPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode\r\nyang dilakukan sebelum memasuki tahap pendeskripsian adalah menyimak\r\ndengan seksama keseluruhan film dan mencatat dengan rinci setiap perubahan\r\nyang dilakukan oleh sineas. Pengumpulan data, analisis, pendeskripsian, dan\r\npenglasifikasian data dilakukan di perpustakaan dan lokasi lain yang menunjang\r\nkelangsungan penelitian. Subjek yang diteliti adalah film Pintu Terlarang (2009)\r\nkarya Joko Anwar. Unit analisis yang digunakan berupa satuan dialog dan narasi\r\nyang menggambarkan alurdan penokohan dalam film Pintu Terlarang. Sumber\r\ndata primer dalam penelitian ini ialah novel Pintu Terlarang (2004) karya Sekar\r\nAyu Asmara dan sumber data sekunder berupa buku, artikel, jurnal, dan penelitian\r\nterdahulu yang relevan. Pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan catat.\r\nData tersebut dikaji secara induktif komparatif dan melalui empat tahapan yaitu\r\npengumpulan data dari novel, menonton film berulang kali dan membuat catatan\r\nperubahan, analisis data, dan pengambilan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa setelah proses ekranisasi tiga alur cerita\r\ndalam novel dirampingkan dan dilebur menjadi satu alur cerita film. Alur tunggal\r\ndipaparkan secara kronologis mengiringi kehidupan khayalan Gambir yang\r\ndisajikan secara cepat dan padat. Film lebih didominasi tokoh dari subcerita\r\nkedua dalam novel. Perubahan yang terjadi dalam film berupa pengurangan tokoh\r\ndan durasi penampilan, pergeseran posisi kedudukan dalam cerita, perubahan ciri\r\nfisik, dan penambahan tokoh baru. Perubahan perwatakan melekat pada\r\nperubahan penggunaan dan fungsi tokoh dalam film. Hasil kajian ini dapat\r\ndijadikan rujukan, tambahan informasi, dan referensi untuk penelitian sejenis\r\nselanjutnya dan dapat digunakan dalam pengajaran untuk melatih daya kreasi dan\r\nimajinasi peserta didik. Diharapkan hadir apresiasi pada karya adaptasi dan dapat\r\ndinikmati seperti karya seni kontemporer lain.\r\nKata Kunci: adaptasi, resepsi, alih wahana, pelayarputihan, ekranisasi, novel, film."^^ . "2017-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Yuvensius Kristianus"^^ . "Ernest"^^ . "Yuvensius Kristianus Ernest"^^ . . . . . . "Kajian Ekranisasi: dari Novel Pintu Terlarang ke Film Pintu Terlarang (Text)"^^ . . . "tesis-yuvensius-kristianus-ernest-15715251048.compressed.swf"^^ . . "HTML Summary of #58214 \n\nKajian Ekranisasi: dari Novel Pintu Terlarang ke Film Pintu Terlarang\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .