%0 Thesis %9 S2 %A Setiaji, Bayu %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:58213 %I UNY %K SSP, model PBM, e-learning, kemampuan literasi sains, kemampuan berpikir analisis %T Pengembangan SSP Fisika Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Analisis Peserta Didik SMA %U http://eprints.uny.ac.id/58213/ %X Penelitan ini bertujuan: (1) menghasilkan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (2) mengetahui keefektifan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik; (3) mengetahui keefektifan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik; dan (4) mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning dengan pembelajaran PBM dan ekspositori terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Desain penelitian ini merupakan penelitian R & D (research and development) dengan model 4D mengacu pada Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Langkah-langkah pengembangan meliputi: (1) define, terdiri dari studi pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran, dan penyusunan perangkat penelitian dan tes, (2) design, berkaitan dengan pemilihan media, pemilihan format SSP, dan desain awal SSP, (3) develop, merupakan tahap revisi SSP berdasarkan saran dari validator kemudian dilakukan ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan di MAN 1 Yogyakarta, (4) disseminate, penyebarluasan produk SSP pada guru MAN 1 Yogyakarta. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 1 Yogyakarta. Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD. Instrumen kelayakan produk berupa lembar observasi kelayakan produk, lembar validasi produk, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Instrumen literasi sains berupa angket dan soal pilihan ganda. Instrumen kemampuan berpikir analisis berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian validator dan berdasarkan ujicoba di MAN 1 Yogyakarta; (2) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik; (3) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik; dan (4) terdapat perbedaan efektivitas penggunaan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning dengan pembelajaran PBM dan ekspositori terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir analisis peserta didik MAN 1 Yogyakarta.