%0 Thesis %9 S1 %A Astutiningsih, Wahyu %A Dr. Martono, M.Pd., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2018 %F UNY:58212 %I Pendidikan Seni Kerajinan %T PEMBELAJARAN BATIK KELAS XI DI SMK N 3 KASIHAN (SMSR YOGYAKARTA) SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/58212/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik kombinasi tulis, lukis dan cap (cap tembaga & cap kertas) secara bebas ekspresif dengan menggunakan warna alam, di kelas XI SMK N 3 Kasihan (SMSR Yogyakarta). Penelitian ini termasuk dengan penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan data hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran batik dimulai dengan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan masing-masing standar kompetensi dan kompetensi dasar berdasarkan acuan kurikulum pembelajaran tahun 2013. 2) Pelaksanaan pembelajaran batik kombinasi tulis, lukis dan cap (cap tembaga & kertas) secara bebas ekspresif dengan menggunakan warna alam, dilaksanakan sesuai silabus dan RPP yang telah dibuat oleh guru pembimbing, guru pembimbing menggunakan pendekatan individual dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, demonstrasi, dan penugasan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. 3) Hasil evaluasi pembelajaran batik dapat diketahui bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktek hampir semua peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Kata Kunci: Pembelajaran, Batik Kombinasi, Peserta Didik