eprintid: 58184 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/81/84 datestamp: 2018-08-06 07:52:15 lastmod: 2019-05-09 08:52:58 status_changed: 2018-08-06 07:52:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sutanti, Dhani title: Perbedaan Pengaruh Discovery Learning dan Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Segugus Winduaji Kabupaten Brebes ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: discovery learning, problem based learning, berpikir kritis, pemecahan masalah, keaktifan siswa abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh discovery learning dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan keaktifan siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan Pretest Posttest Nonequivalent Group Designs. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Segugus Winduaji Kabupaten Brebes. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa SDN Winduaji 1(kelas kontrol), 28 siswa SDN Winduaji 2 (kelas eksperimen 1), dan 28 siswa SDN Winduaji 7(kelas eksperimen 2). Instrument pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda berpikir kritis, tes pilihan ganda keterampilan pemecahan masalah dan checklist keaktifan siswa. Validasi instrument menggunakan Corrected-Item Total Correlation. Reliabilitas dihitung menggunakan rumus KR- 21 dan reliabilitas antar rater. Teknik analisis data menggunakan independent sample F-tes dengan uji lanjut posthoc (scheffe) dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) PBL lebih efektif dibandingkan dengan discovery learning terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa, dan 3) discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan PBL terhadap keaktifan siswa. date: 2018-04-27 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Sutanti, Dhani (2018) Perbedaan Pengaruh Discovery Learning dan Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Segugus Winduaji Kabupaten Brebes. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58184/1/tesis-dhani-sutanti-15712251054.swf