%D 2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengambilan perspektif dan regulasi emosi terhadap perilaku prososial pada anak usia dini.Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 1017 anak Taman Kanak-kanak se Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 300 anak, dengan teknik pengambilan sampel stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, unjuk kerja, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengambilan perspektif berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial anak usia dini dengan p=0,000 (p<0,05) artinya pengambilan perspektif dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini; (2) regulasi emosi berpengaruh terhadap perilaku prososial anak usia dini dengan p=0,000 (p<0,05), artinya regulasi emosi dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini; (3) pengambilan perspektif dan regulasi emosi berpengaruh terhadap perilaku prososial dengan p=(p<0,05) artinya pengambilan perspektif dan regulasi emosi secara bersamasama dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini. Pengambilan perspektif dan regulasi emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 20,8% terhadap perilaku prososial Kata kunci: pengambilan perspektif, regulasi emosi, prososial, anak usia dini %T Pengaruh Pengambilan Perspektif dan Regulasi Emosi terhadap Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. %A Rizki Drupadi %L UNY58180 %I UNY