<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media Permainan “Flooding Mockup”\r\nuntuk Mengenalkan Sampah dan Banjir pada Anak Usia Dini"^^ . "Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kelayakan media Flooding Mockup\r\nberdasarkan ahli dan praktisi, dan (2) mengetahui efektivitas media permainan\r\nFlooding Mockup untuk mengenalkan sampah dan banjir pada anak usia dini. \r\nPenelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg\r\n& Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini ialah: (a) studi\r\npendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan bentuk awal produk, (d) uji\r\nlapangan awal, (e) revisi uji lapangan awal, (f) uji lapangan utama, (g) revisi uji\r\nlapangan utama, (h) uji operasional, (i) revisi produk ahir, dan (j) diseminasi. Subjek\r\nuji lapangan awal terdiri dari 15 anak RA Nashuha. Subjek lapangan utama pada\r\nkelas eksperimen terdiri dari 15 anak TK Darul Ulum dan 15 anak TK YWKA serta\r\n15 anak TK YWKA lainnya sebagai kelompok kontrol . Subjek uji operasional pada\r\nkelompok eksperimen terdiri 20 anak kelompok B1 RA Al Hidayah dan 30 anak\r\nkelompok B1 TK Budi Luhur serta 21 anak kelompok B2 TK Budi Luhur sebagai\r\nkelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar penilaian\r\nproduk media permainan, lembar tanya jawab anak dan observasi untuk anak. Teknik\r\nanalisi data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikan 0.05. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media permainan Flooding Mockup\r\nditinjau dari aspek materi dan media yang dinilai oleh para ahli materi dan media\r\nialah layak digunakan untuk mengenalkan \"sampah dan banjir pada anak usia dini\r\nyang terbukti dari hasil validator media berkategori “sangat baik” dan validator \r\nmateri berkategori “baik”, dan (2) permainan media Flooding Mockup efektif \r\ndigunakan untuk anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dari hasil uji coba operasional\r\ndengan menggunakan SPSS yang menunjukan bahwa p lebih kecil dari 0.05 yaitu\r\n0.000 ≤ sehingga dapat dinyatakan bahwa dapat meningkatkan secara signifikan\r\nterhadap kemampuan anak mengenal sampah dan banjir. \r\n\r\nKata Kunci: media permainan Flooding Mockup, mengenal sampah dan banjir anak \r\nusia dini."^^ . "2017-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Ajeng Rizki"^^ . "Safira"^^ . "Ajeng Rizki Safira"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Permainan “Flooding Mockup”\r\nuntuk Mengenalkan Sampah dan Banjir pada Anak Usia Dini (Text)"^^ . . . "merged.swf"^^ . . "HTML Summary of #58178 \n\nPengembangan Media Permainan “Flooding Mockup” \nuntuk Mengenalkan Sampah dan Banjir pada Anak Usia Dini\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .