@phdthesis{UNY58117, author = {Muhammad Fajar Trianto}, title = {PERANCANGAN DESAIN LOGO TUNJUNG ELEKTRONIK, BANYUMAS-JAWA TENGAH}, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, month = {August}, year = {2018}, abstract = {Penulisan tugas akhir karya seni ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan tema dalam perancangan logo Tunjung Elektronik serta proses perancangan logo tersebut, dengan visi membuat identitas yang kuat sebagai usaha jasa di bidang elektronik atau secara padat disebut dengan membranding usaha Tunjung Elektronik. Metode yang digunakan dalam perancangan logo meliputi riset dan analisis, thumbnails, computer, review, pendaftaran merek (opsional), system identitas, dan produksi. Proses pendaftaran merek dalam kasus ini tidak dilakukan karena faktor terbatasnya waktu dan tidak berfokus pada hal tersebut. Hasil pembahasan dan penciptaan adalah sebagai berikut: 1) Proses perancangan logo Tunjung Elektronik dengan pendekatan thumbnails (sketsa) pensil manual dan computer (rendering) yang menggunakan drawing software yaitu corel draw x5 dan Adobe Photoshop CS6, menghasilkan logo yang masuk dalam klasifikasi bentuk picture mark dan letter mark. Logo ini juga termasuk dalam kategori gestalt yaitu closure (40\%), similarity (40\%), dan impossible figure (20\%). Logo ini di bentuk dari basic shape yaitu lingkaran dan segi empat dengan variasi bentuk yang berbeda- beda menyesuaikan desain logo, maka elemen gambar dan tulisan saling terpisah namun melengkapi satu sama lain. 2) Tema dalam perancangan logo Tunjung Elektronik adalah electrical sign, electronic equipment atau electronic logo. Maka perancangan logo tersebut berfokus pada usaha itu sendiri yang bergerak di bidang jasa yaitu perbaikan alat-alat rumah tangga khususnya TV, fokusnya yaitu membrandingkan usaha tersebut agar memiliki identitas yang kuat secara visual tidak hanya tentang pelayanan jasa dan kualitas perbaikan saja tetapi memiliki karakter visual yang kuat, kemudian dari tema tersebut kita dapat mendekripsikan proses perancangan logo, mulai dari sketsa kasar hingga proses produksi dan finishing media promosi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/58117/} }