%0 Thesis %9 S1 %A Agustina, Gloria %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2012 %F UNY:5803 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIKA dalam SERIASI MELALUI PRAKTEK LANGSUNG pada KELOMPOK A di TK KUSUMA 1 NOLOGATEN %U http://eprints.uny.ac.id/5803/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika dalam seriasi (mengurutkan) pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Kusuma 1 Nologaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Objek penelitian adalah pemahaman seriasi (mengurutkan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian dimana pada siklus pertama terjadi peningkatan dari 58,5% menjadi 62,3% dalam seriasi (mengurutkan) dari panjang-pendek dan dari 60% menjadi 80% pada seriasi (mengurutkan) dari tebaltipis. Pada siklus ke-2 peningkatan kembali terjadi. Adapun peningkatan pada siklus ke2 adalah 92,3% dan 95,3% dalam seriasi (mengurutkan) 5 benda berdasarkan panjang-pendek atau sebaliknya. Dalam seriasi (mengurutkan) dari tebal-tipis pada pertemuan kedua meningkat menjadi 95,3%. Sedangkan pada seriasi (mengurutkan) dari tipis-tebal meningkat menjadi 96,6% pada pertemuan kedua. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa praktek langsung dapat meningkatkan pemahaman matematika dalam seriasi pada anak kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Kata kunci : matematika, seriasi, praktek langsung