@phdthesis{UNY57971, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, year = {2018}, month = {July}, author = {Karina Rahmaniar Maharani}, title = {PEMBELAJARAN KOLASE HERBARIUM DI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 KLATEN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57971/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kolase herbarium di kelas XI IPS 3 SMA N 3 Klaten dan mendeskripsikan hasil pembelajaran berupa karya seni rupa dua dimensi menggunakan media herbarium. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi pemeriksaan melalui sumber lain, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis datanya terdiri dari beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kolase herbarium di kelas XI IPS 3 SMA N 3 Klaten, meliputi: (a) kegiatan persiapan (penyampaian materi); (b) kegiatan pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan dengan memperlihatkan contoh karya dilanjutkan kegiatan inti membuat sketsa penyusunan, kegiatan menempel, finishing karya, dan kegiatan penutup dengan evaluasi hasil karya; (c) penilaian karya seni herbarium dengan kualitatif menggunakan bahasa verbal; (2) Karya seni herbarium siswa yang dikategorikan sangat baik (SB) berjumlah 6 karya, kategori baik (B) berjumlah 14 karya, kategori cukup baik (CB) berjumlah 7 karya, serta kategori kurang baik (KB) berjumlah 3 karya.} }