@phdthesis{UNY57967, author = {Untia Pungki Rastyanti and Yusman Wiyatmo}, title = {PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN}, month = {July}, year = {2018}, school = {FMIPA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika berbasis discovery learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan modul fisika berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk penelitian hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis discovery learning pada materi fluida statis. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Klaten dan uji coba lapangan pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, modul fisika berbasis discovery learning, soal pretest-posttest dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Kelayakan modul fisika berbasis discovery learning dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan respon siswa yang diubah menjadi kategori kualitatif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa diketahui berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul fisika berbasis discovery learning yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten memiliki nilai rata-rata sebesar 3,94 dengan kategori kualitas sangat baik, hasil respon siswa dengan nilai 3,58 (sangat baik) pada uji coba terbatas dan 3,65 (sangat baik) pada uji coba lapangan, (2) penerapan modul fisika berbasis discovery learning pada materi fluida statis mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 5 pada uji coba terbatas dan siswa kelas XI IPA 6 pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain secara berturutturut 0,2 (kategori rendah) dan 0,5 (kategori sedang) serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 5 pada uji coba terbatas dan siswa kelas XI IPA 6 pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain secara berturutturut 0,4 (kategori sedang) dan 0,4 (kategori sedang).}, keywords = {Model Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57967/} }