@phdthesis{UNY57961, school = {FMIPA}, year = {2018}, month = {July}, author = {Seli Mulyeni and Rahayu Dwisiwi Sri}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN STRATEGI TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA}, keywords = {Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Strategi Talking Stick}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick yang efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika pada peserta didik SMA, (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls peserta didik SMA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick, (3) mengetahui besar peningkatan minat peserta didik SMA dalam belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan melalui dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika ranah kognitif pada peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan kegiatan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dari pretest ke posttest yaitu pada siklus I sebesar 67,65\% dan siklus II sebesar 85,30\%. Peningkatan minat belajar peserta didik dari minat awal ke minat akhir yaitu pada siklus I sebesar 7,23\% dan siklus II sebesar 11,99\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57961/} }