%T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS %I FMIPA %A Bunga Aditya Octaviana %A Subroto Subroto %A Sumarna Sumarna %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimedia yang dapat digunakan pada pembelajaran fisika peserta didik kelas X materi momentum dan impuls. 2) Mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X terkait dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimedia, dan 3) Mengetahui besarnya peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas X terkait dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran dan analisis perencanaan kebutuhan tampilan media. Pada tahap design dilakukan pemilihan materi, format desain awal dan pembuatan LKPD berbasis multimedia. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan guru fisika SMA, dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran LKPD berbasis multimedia untuk pembelajaran fisika di SMA N 1 Minggir. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar angket minat belajar, lembar pengamatan minat belajar, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran validator menggunakan penarikan kesimpulkan sedangkan teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validator dengan menggunakan sbi dan Aiken’s V, uji soal pretest dan posttest dengan iteman, respon siswa dengan menggunakan sbi, peningkatan minat dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan menggunakan Standard gain. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) lembar kerja peserta didik berbasis multimedia dapat digunakan pada pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,53; dan 3) peningkatan minat belajar fisika peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,5 untuk angket dan 0,51 untuk lembar observasi. %L UNY57953 %K LKPD, multimedia, minat belajar, hasil belajar kognitif %D 2018