%L UNY57929 %X ARCAM (Augmented reality camera movement) merupakan media pembelajaran berbasis Android yang menggunakan teknogi Augmented Reality pada model based tracking marker. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan aplikasi teknik pergerakan kamera sinematografi berbasis 3D augmented reality sebagai media pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta dan (2) mengetahui tingkat kelayakan aplikasi yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan mode pengembangan Waterfall, yaitu (1) analisis, membuat analisi kebutuhan; (2) desain, membuat desain UML, desain storyboard, desain user Interface, dan memilih konten sesuai fitur yang harus dikembangkan; (3) Implementasi Kode Program, mengaplikasikan desain yang telah dibuat dengan menggunakan Unity 3D; (4) pengujian, aplikasi diuji berdasarkan ISO/IEC 25010. Pengujian meliputi functional suitability, efficiency, compatibility, dan usability, serta uji materi untuk menguji kesesuain materi dalam aplikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) ARCAM (Augmented Reality Camera Movement) merupakan aplikasi media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada model marker based tracking yang sesuai dengan kondisi pembelajaran siswa yang dikembangkan menggunakan model waterfall , dengan tahap analisis, desain, implementasi kode program dan pengujian (2) media pembelajaran ARCAM memiliki kualitas aspek functional suitability kriteria “sangat layak”, performance efficiency dengan Testdroid menunjukkan skala kualitas “layak”, compatability dengan uji pada 5 perangkat mendapatkan kriteria “sangat layak”, usability dengan uji pada 31 siswa mendapatkan nilai 83,2% dengan kriteria “sangat layak” dan pengujian materi memperoleh kriteria “sangat layak”. %A Septiani Audina %K media pembelajaran, teknik pergerakan kamera, Augmented Reality %D 2018 %I Fakultas Teknik %T PENGEMBANGAN APLIKASI TEKNIK PERGERAKAN KAMERA SINEMATOGRAFI BERBASIS 3D AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 7 YOGYAKARTA