TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/57924/ M1 - skripsi ID - UNY57924 KW - fenomenologi KW - pembelajaran KW - pendidikan jasmani inklusi AV - public TI - MAKNA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Pranantyo, Reza Alfa Y1 - 2018/// N2 - Terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi menjadi masalah dalam literatur pendidikan Indonesia. Hal ini terjadi karena pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian yaitu menggali makna pembelajaran penjas pada peserta didik penyandang disabilitas di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian adalah 10 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data didapatkan dengan teknik wawancara mendalam dan wawancara dengan teknik photo-elicitation. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Akan tetapi ketika menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data menggunakan 2 prosedur dalam pendekatan penelitian fenomenologi, yaitu horizonalisasi dan diskripsi tekstural. Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural makna pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa makna pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) foto artistik, (2) metafora makna, (3) makna atas pengalaman pembelajaran, dan (4) opini terhadap makna. ER -