TY - THES PB - UNY A1 - Nurokhmah, Nurokhmah N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemahaman gender terhadap civic disposition,(2) pengaruh sensitivitas gender terhadap civic disposition, dan (3) pengaruh pemahaman gender dan sensitivitas gender terhadap civic disposition pada peserta didik madrasah aliyah di Kabupaten Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah peserta didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Bantul. Teknik sampelnya adalah simple random sampling. Instrumen pengumpul data berupa skala pemahaman gender (SPG), skala sensitivitas gender (SSG) dan skala civic disposition (SCD). Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan isi, sedangkan untuk mengukur konsistensi internal pada SPG menggunakan point biserial, sedangkan SSG dan SCG dengan menghitung daya beda menggunakan r-product moment. Reliabilitas SPG dihitung dengan KR-20 sedangkan SSG dan SCD dengan Alpha Cronbach. Hasil perhitungan reliabilitas untuk SPG sebesar 0,524, SSG 0,756 dan SCD sebesar 0,882. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan mengukur normalitas sebaran menggunakan Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas dengan Levene, sedangkan uji linieritas dihitung melalui nilai F-regresi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pemahaman gender dapat mempengaruhi civic disposition, sehingga untuk meningkatkan civic disposition dapat melalui pengembangan pemahaman gender. Secara statistik dibuktikan dengan nilai t = 13,017; p < 0,05; R2=0,023; dan Y=112,034-1,013X. (2) Sensitivitas gender mempengaruhi civic disposition sebesar 2,3%. Selain variabel pemahaman gender, sensitivitas gender juga berpengaruh pada civic dispositions. Hasil statisik menunjukkan nilai t = 3,788; p < 0,05; R2=0,740; dan, Y=9,644+1,007X. (3) Pemahaman dan sensitivitas gender secara bersama-sama dapat mempengaruhi civic disposition sebesar 74%. Artinya, variabel pemahaman dan sensitivitas gender berpengaruh pada civic disposition, setiap perubahan pada kedua variabel bebas akan mempengaruhi pada civic disposition sebesar 77,3%. Secara statistik menunjukkan nilai t = -4,947; p < 0,05; R2= 0,773; dan Y=-28,982+1,323X1+1,093X2. Y1 - 2018/04/27/ UR - http://eprints.uny.ac.id/57913/ TI - Pengaruh Pemahaman dan Sensitivitas Gender terhadap Civic Disposition pada Peserta Didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Bantul AV - public KW - pemahaman gender KW - sensitivitas gender KW - civic disposition M1 - tesis ID - UNY57913 ER -