%L UNY57892
%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY
%D 2018
%T BAHAN AJAR KIMIA POLIMER DAN KOMPOSIT BERBASIS KONTEKS
KENDARAAN UNTUK SMK TEKNIK OTOMOTIF
%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar untuk mata pelajaran
kimia di SMK Teknik Otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik
bahan ajar, menganalisis kelayakan bahan ajar menurut penilaian guru kimia di SMK Teknik
Otomotif, serta menganalisis kelayakan bahan ajar menurut respon siswa SMK Teknik
Otomotif.
Desain penelitian adalah exploratory development model. Prosedur penelitian terdiri
dari empat tahap yaitu tahap kualitatif, pengembangan, kuantitatif, dan interpretasi. Setelah
bahan ajar dikembangkan, dilakukan penilaian untuk menentukan kelayakan. Instrumen yang
digunakan adalah instrumen validasi yang terbuka dan angket penilaian yang tertutup. Data
penilaian berupa data kualitatif. Data tersebut diubah menjadi data kuantitatif dengan
menggunakan skala Likert. Selanjutnya dilakukan perhitungan skor total dan skor rata-rata
untuk masing-masing komponen. Skor rata-rata yang diperoleh dikonversi menjadi tingkat
kelayakan produk dengan pedoman konversi ideal.
Hasil penelitian ini adalah tersusunnya bahan ajar berjudul “ Kimia Polimer dan
Komposit Berbasis Konteks Kendaraan Untuk SMK Teknik Otomotif”. Bahan ajar dinyatakan
layak untuk diujikan ke siswa. Bahan ajar tersebut dinyatakan sangat baik (SB) berdasarkan
hasil penilaian kelayakan oleh reviewer dan baik (B) berdasar uji respon.
%A Laiely Puspita Sari