%0 Thesis
%9 S1
%A Sari, Laiely Puspita
%B Pendidikan Kimia
%D 2018
%F UNY:57892
%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY
%T BAHAN AJAR KIMIA POLIMER DAN KOMPOSIT BERBASIS KONTEKS  KENDARAAN UNTUK SMK TEKNIK OTOMOTIF
%U http://eprints.uny.ac.id/57892/
%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar untuk mata pelajaran  kimia di SMK Teknik Otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik  bahan ajar, menganalisis kelayakan bahan ajar menurut penilaian guru kimia di SMK Teknik  Otomotif, serta menganalisis kelayakan bahan ajar menurut respon siswa SMK Teknik  Otomotif.  Desain penelitian adalah exploratory development model. Prosedur penelitian terdiri  dari empat tahap yaitu tahap kualitatif, pengembangan, kuantitatif, dan interpretasi. Setelah  bahan ajar dikembangkan, dilakukan penilaian untuk menentukan kelayakan. Instrumen yang  digunakan adalah instrumen validasi yang terbuka dan angket penilaian yang tertutup. Data  penilaian berupa data kualitatif. Data tersebut diubah menjadi data kuantitatif dengan  menggunakan skala Likert. Selanjutnya dilakukan perhitungan skor total dan skor rata-rata  untuk masing-masing komponen. Skor rata-rata yang diperoleh dikonversi menjadi tingkat  kelayakan produk dengan pedoman konversi ideal.  Hasil penelitian ini adalah tersusunnya bahan ajar berjudul “ Kimia Polimer dan  Komposit Berbasis Konteks Kendaraan Untuk SMK Teknik Otomotif”. Bahan ajar dinyatakan  layak untuk diujikan ke siswa. Bahan ajar tersebut dinyatakan sangat baik (SB) berdasarkan  hasil penilaian kelayakan oleh reviewer dan baik (B) berdasar uji respon.