%0 Thesis %9 S1 %A Santoso, Muhammad Tri %A Subagyo, %B PGSD Penjas %D 2018 %F UNY:57887 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Gaya mengajar, siswa, guru dan sekolah %T GAYA MENGAJAR GURU PJOK MENURUT MOSTON DENGAN GAYA KOMANDO DAN INKLUSI PADA KELAS ATAS SDN GUGUS IV KECAMATAN WATES KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/57887/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan gaya mengajar komando dan inklusi dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi guru PJOK di SDN segugus IV kelas atas Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini populasinya adalah 4 guru penjas dari 4 SD Negeri Segugus IV di Kecamatan Wates Kulon Progo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara (interview) ada 11 pertanyaan mewakili 2 indikator gaya muska moston komando dan inklusi, observasi lapangan dengan 13 butir penilaian dan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam proses pembelajaran oleh guru PJOK SD Negeri kelas atas Se-gugus IV Kecamatan Wates Kulon Progo yang melalui proses validasi yang telah dilakukan oleh ahli. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa guru PJOK yang ada di SD Negeri 4, SD Negeri 5, SD Negeri Kasatrian dan SD Negeri Terbahsari telah menggunakan gaya mengajar komando dan gaya mengajar inklusi menurut muska mosston meskipun ada yang belum mengetahui bahwa gaya mengajar yang digunakan adalah salah satu atau beberapa dari gaya mengajar.