%T TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERSONAL TRAINER FITNESS HEALTH AND SPORT CENTER UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2021 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %L UNY57885 %O Dosen Pembimbing: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes., AIFO %A Abiyyu Amajida %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh personal trainer (PT) Fitness Health and Sport Center (HSC) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penelitian ini disusun dari kajian teori yang berhubungan dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas suatu pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu konsumen yang menggunakan jasa (PT) Fitness HSC UNY dan PT tersebut terdaftar sebagai karyawan Fitness HSC UNY sehingga penelitian ini mendapatkan 15 orang sampel dari 700 populasi. Penelitian dilakukan di Fitness HSC UNY. Analisis data menggunakan metode saka liket. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner dilakukan oleh peneliti dan menghasilkan nilai validitas kuesioner sebesar 0,875 dan 40 pernyataan yang valid dari 50 pernyataan. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan PT Fitness HSC UNY masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata keseluruhan aspek 87%. Penjelasan lebih detail hasil penelitian pada masing-masing aspek, aspek tangible menghasilkan nilai 87%, aspek reliability 88%, aspek responsiveness 89%, aspek assurance 88% dan aspek empathy 81%. Saran peneliti bagi PT Fitness HSC UNY, yaitu selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, dengan harapan kualitas pelayanan yang diberikan semakin baik sehingga banyak konsumen yang menggunakan jasa PT di Fitness HSC UNY. %K kepuasan konsumen, fitness