%T Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kelas pada Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah %D 2014 %I UNY %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kualitas: (1) teknik penilaian kelas, (2) prosedur penilaian kelas, (3) pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian kelas yang dilaksanakan guru pada mata pelajaran matematika SMP negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMP negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Sampel sekolah yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini adalah enam SMP negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Responden guru dan kepala sekolah ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil semua kepala sekolah dan guru matematika yang ada di SMP negeri yang menjadi tempat penelitian. Responden peserta didik ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf signifikasi 0,05 (5%). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil evaluasi pelaksanaan penilaian kelas pada mata pelajaran matematika di SMP negeri di Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan bahwa: (1) teknik penilaian kelas yang dilaksanakan guru sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 93,16% ≥ 75% dari skor maksimum dengan kategori baik; (2) prosedur penilaian kelas yang dilaksanakan guru sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 92,26% ≥ 75% dari skor maksimum dengan kategori baik; (3) pelaporan serta pemanfaatan hasil penilaian kelas sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 92,85% ≥ 75% dari skor maksimum dengan kategori baik. %K evaluasi, penilaian kelas, mata pelajaran matematika %A Muhamad Yunus %L UNY57833