TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/57798/ TI - PENGARUHPENERAPANMODELPEMBELAJARAN PQ4RTERINTEGRASI TEKNIKMIND MAPPINGTERHADAPPRESTASI BELAJAR DANKETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS AV - public ID - UNY57798 M1 - skripsi PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY A1 - Fatmadewi, Vita Y1 - 2018/07/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar dan keterampilan komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) terintegrasi teknik Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, (2) perbedaan yang signifikan dalam hal keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik Mind Mapping dan (3) perbedaan yang signifikan dalam hal keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design untuk prestasi belajar dan pretest-posttest design untuk keterampilan komunikasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 170 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 68 peserta didik terdiri dari kelas eksperimen (X MIPA 2) dan kelas kontrol (X MIPA 1) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data untuk uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasi. Adapun uji hipotesis menggunakan uji Mancova dan uji-t sama subjekdengan taraf signifikan 5%. Data diolah menggunakan program IBM SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar dan keterampilan komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistic, (2) ada perbedaan yang signifikan dalam hal keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik Mind Mapping dan (3) ada perbedaan signifikan dalam hal keterampilan komunikasi sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping. ER -