<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas"^^ . "Penelitian ini bertujuan untukmemahami, menggambarkan, dan memaknai: \r\n(1)nilai-nilai humanis yang terdapat pada kultur sekolah yang ada di SMAN 1 \r\nKasihan Bantul dan (2) implementasi nilai-nilai humanis berbasis kultur sekolah \r\npada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA N 1 Kasihan Bantul.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan \r\npendekatan fenomenologi. Sumber data dan informasi di dalam penelitian ini \r\nadalah kepala sekolah, guru bidang studi Bahasa Indonesia, peserta didik dan \r\nkomite sekolah. Data dikumpulkan melalui pengamatan nonpartisipan, \r\nwawancara secara mendalam,dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua \r\nmodel analisis yaitu analisis untuk mempertajam keabsahan data dan analisis \r\nmelalui interpretasi data secara keseluruhan,dalam tigatahap, yaitu : (1) open \r\ncoding, (2) axial coding,dan (3) selective coding.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan humanisdalam \r\nproses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kasihan, Bantul,\r\nYogyakarta terdapat pada: (1) kultur sekolah dan (2) implementasi nilai-nilai \r\nhumanis berbasis kultur sekolah. Pertama, nilai-nilai humanis yang ada pada \r\nkultur sekolah yaitu kearifan lokal terdapat pada artefak yang dapat disentuh \r\n(rumah jamu) dan nilai-nilai budaya lokal yang termanifestasi dalam perilaku \r\nwarga sekolah, kebersihan, kedisiplinan, ketertiban, religiusitas yang tinggi, \r\ntanggung jawab, penghargaan terhadap prestasi, kepedulian terhadap lingkungan, \r\nketerampilan, gemar membaca, motivasi tinggi untuk berprestasi, budaya \r\npartisipasi, kreativitas yang tinggi yang terdapat pada: (a) artefak ( yang dapat \r\ndisentuh dan yang tidak dapat disentuh), (b) asumsi, dan (c) nilai-nilai yang \r\ntermanifestasi dalam budaya dan perilaku warga sekolah. Kedua, nilai-nilai \r\nhumanis yang ada pada implementasi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu ada \r\npada pendekatan inquiri, metode yang bervariasi (metode pementasan, \r\npresentasi, eksplorasi, diskusi, tanya-jawab, permainan), dan proses pembelajaran\r\nyang menyenangkan (tidak tradisional, demokratis, kondusif, apresiatif terhadap \r\nhasil perkembangan peserta didik) sehingga pembelajaran menjadi \r\nmenyenangkan dan siswa melaksanakan semua proses pembelajaran tanpa rasa \r\njenuh, dan tanpa ada unsur ketegangan maupun keterpaksaan. Peserta didik \r\nmengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dengan gembira dan senang, bergairah, \r\ndan berinisiatif."^^ . "2018-02-02" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Tutik"^^ . "Hartanti"^^ . "Tutik Hartanti"^^ . . . . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Text)"^^ . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \r\nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #57786 \n\nPembelajaran Bahasa Indonesia yang Humanis Berbasis \nKultur Sekolah pada Sekolah Menengah Atas\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . .