%L UNY57781 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model evaluasi aspek afektif pada pendidikan agama Islam di madrasah aliyah dan pondok pesantren. Model ini bermanfaat untuk mengadakan perbaikan pengembangan aspek afektif dalam proses pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Cennamo & Kalk (2005), yang tersebut terdiri atas tiga tahap, yaitu: 1) tahap pra-pengembangan model, 2) tahap pengembangan model konseptual, dan 3) tahap penerapan model. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penilaian diri dengan responden 670 orang peserta didik di empat lembaga pendidikan yang terdiri atas dua madrasah aliyah dan dua pondok pesantren di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri. Validasi instrumen menggunakan Content Validity melalui FGD dan validasi konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Estimasi reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini adalah: 1) Model Evaluasi Aspek Afektif pada Pendidikan Agama Islam (EAPAI) dapat memberikan informasi yang tepat, akurat, dan komprehensif, serta bermanfaat secara optimal bagi Pendidikan Agama Islam. 2) Komponen model EAPAI terdiri atas Input, Process, dan Output. 3) Model EAPAI memiliki kecocokan yang baik (good fit), karena p value = 0,3207; Nilai GFI = 0,94; Nilai RMSEA = 0,019; AGFI = 0,91; NFI = 0,96; dan nilai CFI =1.00. 4) Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan program SPSS dapat disimpulkan bahwa instrumen angket secara gabungan adalah reliabel, dengan koefisien Alpha (0.827) > 0.7. 5) Model EAPAI cukup efektif untuk madrasah aliyah dan pondok pesantren dengan rerata skor 3.6. dalam skala 1 sampai dengan 4. 6) Panduan penggunaan model EAPAI masuk dalam kategori baik dengan rerata skor 3.6. dalam skala 1 sampai dengan 4. %A Iskandar Tsani %K model evaluasi, aspek afektif, Pendidikan Agama Islam. %D 2018 %I UNY %T Model Evaluasi Aspek Afektif pada Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren.