%I UNY %D 2018 %T Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Bisnis Siswa SMK N 2 Purworejo %L UNY57776 %K STAD, TGT, motivasi belajar, hasil belajar %A Arum Suryaningtyas %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari motivasi belajar siswa, (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari hasil belajar siswa, (3) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi belajar siswa, (4) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari hasil belajar siswa, (5) model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT ditinjau dari motivasi belajar siswa dan (6) model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest posttest non equivalent multiple group design. Populasi penelitian ini adalah 96 siswa kelas XI AP. Sampel pada penelitian ini adalah dua dari tiga kelas yang memiliki karakteristik sama. Kelas XI AP 2 diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas XI AP 1 diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Pengujian keefektifan model pembelajaran menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan kedua model pembelajaran data dianalisis menggunakan uji T2 Hotelling’s, sedangkan untuk menentukan model pembelajaran yang lebih efektif, data dianalisis dengan uji t. Analisis dilakukan pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa, (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari hasil belajar siswa, (3) model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa, (4) model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif ditinjau dari hasil belajar siswa, (5) model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajran kooperatif tipe STAD ditinjau dari motivasi belajar siswa dan (6) model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajran kooperatif tipe STAD ditinjau dari hasil belajar siswa.