TY - UNPB TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DISCUSSION ACTIVITY BERBASIS PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA M1 - skripsi AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengasilkan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis yang layak digunakan untuk pembelajaran di kelas, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian terdiri atas 15 peserta didik kelas XI IPA 2 untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik kelas XI IPA 1 untuk uji coba luas. Instrumen penelitian meliputi angket, lembar observasi, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur validitas, kelayakan, dan reliabilitas instrumen. Validitas dianalisis dengan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Kelayakan dianalisis dengan Standar Baku Ideal (SBi). Reliabilitas dianalisis dengan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Data hasil dari uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh dari hasil penilaian terhadap pre-test dan post-test, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan angket minat peserta didik sebelum dan setelah menggunakan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian validator dengan nilai rata-rata sebesar 3 (sangat baik), hasil respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan nilai 3,77 (baik) dan pada uji coba luas dengan nilai 3,96 (baik), (2) peningkatan minat belajar fisika peserta didik pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,36 (sedang) dan pada uji coba luas dengan nilai gain 0,49 (sedang), dan (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik ranah kognitif pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,62 (sedang) dan pada uji coba luas dengan nilai gain 0,72 (tinggi). UR - http://eprints.uny.ac.id/57769/ KW - Lembar Kerja Peserta Didik KW - Aptitude Treatment Interaction KW - fluida dinamis KW - minat dan hasil belajar Y1 - 2018/07/06/ PB - FMIPA A1 - Azizah, Siti Nur A1 - Astono, Juli ID - UNY57769 ER -