%0 Thesis %9 S1 %A Indriani, Mei %A Lestari, Barkah %B Pendidikan Ekonomi %D 2018 %F UNY:57714 %I Fakultas Ekonomi %K Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi, Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, Pendapatan Orang Tua %T PENGARUH HASIL BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEJAGOAN KEBUMEN AJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/57714/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh hasil belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 3) pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 4) pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik dibantu dengan software SPSS for windows versi 22. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 112 siswa dengan teknik proportional random sampling. Sebelum analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji lenearitas, uji multikolinearitas dan uji heterosedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan, 2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 3) terdapat pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 4) terdapat pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,329 atau 32,9% yang bermakna bahwa 32,9% minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua, sedangkan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.