TY - THES M1 - skripsi ID - UNY57672 TI - IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017/2018 AV - public KW - hambatan KW - pembelajaran KW - renang UR - http://eprints.uny.ac.id/57672/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa tinggi hambatan pelaksanaan pembelajaran renang di SD N Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun 2017/2018. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 22 orang yang ditentukan dengan menggunakan anggota populasi sebagai sampel/ sampling jenuh. Penelitian ini dari 34 butir soal yang valid dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (ST), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Berdasarkan perhitungan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,980. Hasil dihitung dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan dipersentasekan. Hasil penelitian mengenai identifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran renang SD N di Kecamatan Sewon tahun 2017/2018 pada kategori sangat tinggi sebesar 4,55%, kategori tinggi sebesar 31,82%, kategori cukup sebesar 36,36%, kategori rendah sebesar 22,73%, kategori Sangat rendah sebesar 4,55%. Y1 - 2018/07/04/ A1 - Agustina, Sandra PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan ER -