@phdthesis{UNY57669, author = {Dini Sukma Aprilliyani and Supahar Supahar}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS AUDIO VISUAL PADA METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT BACA DAN PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS Xl SMA NEGERI 1 SEWON}, month = {June}, year = {2018}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57669/}, keywords = {LKPD berbasis audio visual, hasil belajar, minat baca}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis audio visual pada metode pembelajaran demonstrasi terhadap peningkatan minat baca dan hasil belajar siswa pada materi gelombang berjalan dan stasioner, (2) mengetahui keefektifan penggunaan LKPD berbasis audio visual pada metode pembelajaran demonstrasi pada materi gelombang berjalan dan stasioner untuk meningkatkan hasil belajar peserta duidik ranah kognitif, (3) Mengetahui sumbangan minat baca peserta didik terhadap hasil belajar pada penggunaan LKPD berbasis audio visual pada metode pembelajaran demonstrasi pada materi gelombang berjalan dan stasioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental design pada peserta didik di SMA Negeri 1 Sewon dengan populasi 335 peserta didik yang terdistribusi merata pada 10 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis audio visual, kelas control kedua dan kelas kontrol pertama diberi pembelajaran model konvensional, seperti yang biasa dilaksanakan di sekolah berupa ceramah dan demonstrasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sewon semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis audio visual terhadap peningkatan minat baca dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA N 1 Sewon berdasarkan uji ANAKOVA dengan sig. kurang dari 0,05, (2) Pembelajaran fisika dengan menggunakan LKPD berbasis audio visual tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, (3) Sumbangan minat baca peserta didik terhadap hasil belajar pada penggunaan LKPD berbasis audio visual pada metode pembelajaran demonstrasi pada materi gelombang berjalan dan stasioner sebesar 19,7\%} }