TY - THES ID - UNY57654 KW - penjumlahan dan pengurangan KW - matematika kelas IV KW - siswa slow learner Y1 - 2017/08/10/ AV - public A1 - Vika, Budi Utamingintyas TI - KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANAK SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI POJOK SLEMAN PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan pada anak slow learner dalam pembelajaran matematika kelas IV yang meliputi kebutuhan belajar dan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Subjek diambil secara purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa slow learner kelas IV. Penelitian dilakukan di SD N Pojok menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa slow learner masih mengalami kesulitan dalam operasi hitung pengurangan dengan teknik meminjam bilangan empat angka, 2) siswa memiliki kebutuhan belajar berupa bantuan secara kongkret atau secara visual, 3) GPK dan wali kelas telah berupaya dalam memenuhi kebutuhan siswa slow learner dalam operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan pada pembelajaran matematika kelas IV di SD N Pojok. UR - http://eprints.uny.ac.id/57654/ ER -