%0 Thesis %9 S1 %A Sari, Desiana Lolita %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:57635 %I PGSD %T HUBUNGAN INTENSITAS PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS 1 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/57635/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pergaulan teman sebaya, motivasi belajar siswa, dan hubungan intensitas pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex post facto. Subyek penelitian ini adalah populasi siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman sebanyak 122 siswa. Variabel penelitian ini adalah intensitas pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas konstruk. Uji reliabilitas Alfa Cronbach variabel intensitas pergaulan teman sebaya 0,888 dan variabel motivasi belajar 0,896 yang berarti reliabel. Uji inferensial menggunakan uji linieritas dan uji korelasi Product Moment Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) intensitas pergaulan teman sebaya kelas V SD Negeri Se-Gugus 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018 masuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 65% dari 122 siswa, 2) motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018 masuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 65% dari 122 siswa, dan 3) terdapat hubungan positif antara intensitas pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018, terbukti dari hasil perhitungan korelasi Product Moment Karl Perason dari kedua variabel tersebut yang menunjukkan nilai r sebesar 0,608 dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000. Kata kunci: intensitas, teman sebaya, motivasi belajar