<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X. Pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis apabila rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa lebih dari 68 dan lebih tinggi dari siswa kelas konvensional.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih yang terdiri dari 6 kelas. Dari 6 kelas tersebut dipilih 2 kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik pemilihan purposive sampling, Kelas X MIPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra dan kelas X MIPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan uji t.\r\nBerdasarkan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas guided inquiry berbantuan GeoGebra lebih dari 68 dan lebih tinggi dari siswa kelas konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Akan tetapi, LKS yang disusun perlu disesuaikan lagi dengan pembelajaran guided inquiry agar dapat lebih memaksimalkan kemampuan komunikasi matematis siswa.\r\nKata Kunci: Guided Inquiry, GeoGebra, Trigonometri, Komunikasi Matematis"^^ . "2018-06-21" . . . . . "UNY"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Matematika, UNY"^^ . . . . . . . . . . . . "Listia Palupi"^^ . "Wisnu Aji"^^ . "Listia Palupi Wisnu Aji"^^ . . "Sugiman"^^ . "Sugiman"^^ . "Sugiman Sugiman"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Text)"^^ . . . "Abstrak.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Text)"^^ . . . "BAB I.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Text)"^^ . . . "BAB III.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #57570 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . .