<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN"^^ . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN\r\nDiajukan kepada Fakultas Bahasa dan Seni\r\nUniversitas Negeri Yogyakarta\r\nuntuk Memenuhi Sebagian Persyaratan\r\nguna Memperoleh Gelar\r\nSarjana Pendidikan\r\noleh:\r\nMochammad Fajar\r\nNIM 07206244009\r\nPROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA\r\nFAKULTAS BAHASA DAN SENI\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nJUNI 2012\r\n1\r\nPENDAHULUAN\r\nFilm dan komik menghadirkan cerita-cerita fiksi, memberikan gambaran\r\ndunia fantasi yang begitu luas. Seperti halnya pada cerita yang mengangkat kisah\r\ncyborg, yaitu penggabungan mahkluk dan robot. Beberapa film yang mengisahkan\r\ntentang cyborg diantaranya, Robo Cop, The Six Million Dolar Man, Terminator, I\r\nRobot, Iron Man, dan Cyborg She. Cyborg merupakan perpaduan yang sangat\r\nkontras, antara yang alami dan buatan, manusia dengan kodrat yang rapuh\r\ndisatukan dengan mesin yang begitu berat dan keras. Cerita cyborg pada film atau\r\nkomik mempunyai peranan sebagai tokoh hero, manusia perkasa, bersahabat\r\ndengan manusia, memerangi kejahatan, tetapi ada juga digambarkan sebagai\r\nmusuh yang menghancurkan.\r\nTerinspirasi dari cerita fiksi cyborg yang sering diangkat dalam film dan\r\nkomik, dicoba untuk mengemukakan ide dan konsep yang diwujudkan ke dalam\r\nlukisan. Sebagai tahap awal dengan membangun landasan penciptaan berupa\r\nkonsep estetis. Figur cyborg dalam penciptaan lukisan sebagai wujud metafora,\r\natau membandingkan manusia dengan robot, dengan mengangkat tema kondisi\r\nrealitas sosial, sehingga bentuk cyborg mampu melahirkan pemaknaan baru yang\r\nlebih luas dan longgar untuk diinterpretasikan. Figur cyborg dapat dimaknai dari\r\nmanusia tangguh dan kuat, keangkuhan, semangat, kehidupan berat dan keras,\r\nmanusia yang terkendali, dan ketergantungan manusia akan keberadaan teknologi\r\nserta manusia-manusia aneh dengan kehidupanya yang aneh pula.\r\nMelalui penajaman ide dan konsep, kemudian hal ini dicoba\r\ndivisualisasikan dalam bentuk lukisan. Figur cyborg pada lukisan bukan serta\r\nmerta memindahkan atau mencontoh figur cyborg yang telah ada. Dalam hal ini\r\nmencoba menciptakan kembali figur cyborg baru dengan karakter personal yang\r\nmemiliki bentuk sedikit aneh, absurd, dan ambigu. Figur cyborg dalam lukisan\r\nmenjadi bahasa ungkap atau juga disebut exspressive form, dengan menggunakan\r\nmedia kanvas serta cat akrilik. Penciptaan lukisan ini diharapkan akan dapat\r\nmemberikan kontribusi terhadap kekayaan seni rupa pada umumnya dan sebagai\r\nproses berkesenian pribadi pada khususnya.\r\n2\r\nKAJIAN TEORI DAN METODE PENCIPTAAN\r\nDalam penyusunan laporan tugas akhir karya seni pada penciptaan\r\nlukisan digunakan beberapa teori ilmu seni dan teori diluar ilmu seni yang saling\r\nterkait sebagai landasan konsep penciptaan, sehingga lukisan yang tercipta\r\nmampu dipertanggungjawabkan di wilayah akademis. Teori yang digunakan\r\nadalah tentang bentuk cyborg, realitas sosial, metafora, tinjauan tentang seni lukis,\r\nseni lowbrow sebagai gaya seni yang digunakan dalam penciptaan, elemen seni,\r\ndan prinsip-pripsip penyusunan.\r\na. Metode Penciptaan\r\nMetode yang digunakan dalam penciptaan lukisan yaitu metode\r\neksplorasi, untuk menemukan ide-ide terkait bentuk figur cyborg dan kondisi\r\nrealitas sosial dengan melakukan observasi melalui media elektronik dan cetak\r\natau kondisi sosial yang ada di lingkungan sekitar. Metode eksperimen dilakukan\r\nuntuk menciptakan bentuk figur cyborg baru serta pengembangan teknik dalam\r\nmelukis.\r\n3\r\nPEMBAHASAN\r\na. Konsep\r\nPenciptaan Figur cyborg pada lukisan terinspirasi dari film dan komik\r\nyang menghadirkan cerita fiksi. Figur cyborg pada lukisan bukan serta merta\r\nmemindahkan atau mencontoh figur cyborg yang telah ada. Dalam hal ini\r\nmencoba menciptakan kembali figur cyborg baru dengan karakter personal,\r\nmelalui pengubahan bentuk deformasi dari wujud cyborg yang telah ada untuk\r\nmenyederhanakan dan menemukan bentuk baru yang berbeda, sehingga tercipta\r\nbentuk sedikit aneh, absurd, dan ambigu. Figur cyborg menjadi bahasa ungkap\r\natau juga disebut exspressive form, dengan menggunakan media kanvas serta cat\r\nakrilik.\r\nLukisan yang diciptakan bukan sekedar mengolah figur cyborg berbentuk\r\naneh, absurd dan ambigu dengan berbagai ragam. Figur cyborg sebagai wujud\r\nmetafora, atau membandingkan manusia dengan robot, tema yang diungkapkan\r\nmengangkat kondisi realitas sosial, sehingga figur cyborg merupakan representasi\r\ndari manusia dengan kondisi sosialnya. Bentuk aneh, absurd dan ambigu didasari\r\natas pemikiran bahwa manusia dalam kehidupan sosial masyarakatnya saat ini\r\nsulit untuk ditebak, Baik atau buruk, serta benar atau salah, seakan dengan mudah\r\ndijungkir balikkan begitu saja, semuanya menjadi absurd dan ambigu.\r\nVisualisasi dalam lukisan selain figur cyborg sebagai objek utamanya,\r\nterdapat objek lain sebagai elemen pendukung yang bertujuan untuk\r\nmengaitkanya pada tema, sehingga melahirkan pemaknaan baru yang lebih luas\r\ndan longgar untuk diinterpretasikan. Figur cyborg bukan sekedar dimaknai\r\nsebagai tokoh hero yang dikisahkan dalam film, tetapi juga mampu dimaknai\r\nsebagai mahkluk yang lemah, keangkuhan, semangat, kehidupan yang keras,\r\nhingga sebuah teknologi yang mengendalikan manusia. Lukisan yang mengangkat\r\nfigur cyborg menampakan kecenderungan dalam seni lowbrow dengan bentuk\r\naneh dan ambigu, warna-warna meriah, seakan memberikan gambaran dunia\r\nfantasi. Kesan yang dihadirkan antara humor dan kegembiraan, terkadang nakal\r\ndan liar namun memperlihatkan sisi ironis.\r\n4\r\nb. Proses Visualisasi\r\n1. Bahan Alat Dan Teknik\r\nPengerjaan lukisan ini bahan yang digunakan yaitu cat akrilik di atas\r\nkanvas, cat akrilik merupakan jenis cat dengan pengencer air serta baunya yang\r\ntidak menyengat, cat akrilik memiliki sifat yang sangat cepat kering. Alat yang\r\nbiasa digunakan dalam melukis adalah kuas dengan berbagai ukuran dengan jenis\r\nkuas berbulu pipih serta lebar dan kuas dengan bulu ujung meruncing, selain\r\nmenggunakan kuas untuk membubuhkan cat pada kanvas juga digunakan sendok\r\nuntuk membubuhkanya, hal ini untuk menghasilkan evek-evek visual yang\r\nberbeda. Teknik dalam pengerjaan lukisan digunakan teknik plakat dikombinasi\r\ndengan gosok sendok, pada teknik gosok sendok digunakan untuk menghasilkan\r\ntektur-tekstur pada figur cyborg maupun pada background lukisan.\r\n2. Tahapan Visualisasi\r\nTahapan visualisasi merupakan langkah-langkah dalam proses melukis,\r\ndari sebuah ide yang masih abstrak di dalam pikiran untuk divisualisasikan hingga\r\nmenjadi sebuah lukisan utuh. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat\r\nsketsa diatas kertas sebagai perencanaan visual secara kasar dalam memvisualkan\r\nsebuah ide. Langkah selanjutnya yaitu pengerjaan background pada kanvas, hal\r\nini dilakukan diawal karena background lukisan dikerjakan secara ekspresif.\r\nSetelah background selesai dikerjakan kemudian memindahkan sketsa ke atas\r\nkanvas lalu proses membubuhkan cat dengan kuas dikombinasi dengan gosok\r\nsendok.\r\n5\r\nKESIMPULAN\r\nDari pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat ditarik\r\nkesimpulan sebagai berikut:\r\nKonsep pada penciptaan lukisan adalah figur cyborg sebagai wujud\r\nmetafora, dengan mengangkat tema kondisi realitas sosial, sehingga figur cyborg\r\nrepresentasi dari manusia dengan kondisi sosialnya. Figur cyborg pada lukisan\r\nmerupakan deformasi dari bentuk cyborg yang telah ada dalam film dan komik\r\nuntuk disederhanakan sehingga tercipta karakter personal dengan bentuk sedikit\r\naneh, absurd, dan ambigu. Visualisasi dalam lukisan selain figur cyborg sebagai\r\nobjek utamanya, terdapat objek lain sebagai elemen pendukungnya, bertujuan\r\nuntuk melahirkan pemaknaan baru yang lebih luas dan longgar untuk\r\ndiinterpretasikan.\r\nLukisan figur cyborg menampakan kecenderungan dalam seni lowbrow.\r\nBentuk aneh dan ambigu, warna-warna meriah, seakan memberikan gambaran\r\ndunia fantasi. Kesan yang dihadirkan antara humor dan kegembiraan, terkadang\r\nnakal dan liar namun memperlihatkan sisi ironis. Karya yang dikerjakan sebanyak\r\n11 lukisan dengan berbagai ukuran antara lain yaitu :\r\nTeknologi The Rakus (100X130 Cm), Serupa Tapi Tak sama (110X120 Cm),\r\nAneh Tapi Nyata (140X180 Cm), Super Women (140X180 Cm), Punk In Love\r\n(115X125 Cm), Virtual World (140X180 Cm), Ha…ha…ha… (140X160Cm),\r\nSalam Super #1 (100X130 Cm), Salam Super #2 (100X130 Cm), Salam Super #3\r\n(100X130 Cm), Chaos (140X180 Cm)."^^ . "2012-06-21" . . . "FBS UNY"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Seni Rupa, FBS UNY"^^ . . . . . . . . . "Fajar"^^ . "Mochamad Fajar"^^ . "Fajar Mochamad Fajar"^^ . . "Mochamad Fajar"^^ . . . . . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Text)"^^ . . . "sum-moh-fajar.pdf"^^ . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG\r\nPADA PENCIPTAAN LUKISAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #5748 \n\nKONDISI REALITAS SOSIAL DALAM METAFORA CYBORG \nPADA PENCIPTAAN LUKISAN\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .