%0 Thesis %9 S2 %A Tarigan, Nova Triana %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:57428 %I UNY %K Buku cerita bergambar, minat baca, membaca pemahaman %T Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Nogopuro %U http://eprints.uny.ac.id/57428/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan buku cerita bergambar dan (2) mengetahui kelayakan dan efektivitas buku cerita bergambar yang dihasilkan untuk meningkatkan minat baca dan membaca pemahaman kelas IV SD Se-Gugus Nogopuro. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Nogopuro. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi produk oleh ahli, respon siswa dan guru, skala minat baca dan tes membaca pemahaman. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebuah buku cerita bergambar. Buku cerita bergambar dengan judul “Kita Semua Cinta Lingkungan” yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi kedalam kategori “baik” dengan skor 3,14 dan menurut ahli media termasuk kedalam kategori “baik” dengan skor 3,15. Buku Cerita Bergambar efektif untuk meningkatkan minat baca dengan peningkatan skor dari 2,33 menjadi 2,81 dan membaca pemahaman dilihat dari peningkatan nilai dari 61 menjadi 76. Minat Baca pada kelas eksperimen meningkat signifikan berdasarkan uji t dengan sig. (2 tail) = 0,04< α= 0,05. Kemudian, membaca pemahaman siswa meningkat signifikan menurut uji t dengan sig. (2 tail) = 0,00 < α = 0,05 untuk kelas eksperimen.