@phdthesis{UNY57375, school = {PGSD}, year = {2018}, month = {June}, author = {Citra Pratama Sari}, title = {FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PADAS KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN}, abstract = {Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Padas Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IV, guru, petugas perpustakaan, dan lima orang tua siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor internal penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV terdiri dari: a) kemampuan membaca meliputi 3,85\% siswa kurang jelas artikulasi dalam pengucapan katanya, 15,38\% siswa masih salah pengucapan kata dalam satu kalimat, dan 65,38\% siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami makna bacaan. b) kurangnya kebiasaan membaca yaitu tidak meluangkan waktu untuk membaca, membaca atas perintah guru, 92,30\% siswa jarang mengunjungi perpustakaan, dan belum memiliki insiatif untuk mencari bacaan. 2) Faktor eksternal penyebab rendahnya minat membaca terdiri dari: a) lingkungan sekolah kurang mendukung yaitu budaya membaca di sekolah masih rendah, program literasi belum berjalan maksimal, kurangnya slogan membaca, dan mading jarang diperbarui. b) peran perpustakaan belum maksimal yaitu kondisi perpustakaan kurang terawat, pelayanan perpustakaan kurang maksimal, dan tata ruang perpustakaan kurang rapi. c) keterbatasan buku/bahan bacaan meliputi kurangnya ketersediaan buku pengetahuan, kemampuan siswa dalam membeli buku masih rendah, dan siswa tidak memiliki koleksi buku di rumah. d) pembelajaran yang diterapkan guru yaitu dominan mengerjakan soal dan jarang memanfaatkan perpustakaan. e) lingkungan keluarga kurang mendukung yaitu budaya membaca di keluarga masih rendah dan sebagian besar orang tua jarang mengajak siswa ke toko buku karena latar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah. f) pengaruh menonton televisi dan bermain handphone meliputi siswa menggunakan waktu luang di rumah untuk menonton televisi dan untuk bermain games di handphone. Kata kunci: faktor penyebab, minat membaca}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57375/} }