TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar kerja siswa (LKS) IPA berbasis kontekstual ramah lingkungan pada materi Bumi dan Alam Semesta yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Galldengan 9 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal yaitu peneliti mendapatkan sebuah gagasan Lembar Kerja Siswa yang perlu dikembangkan. Hasil tahap perencanaan yaitu perumusan kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran. Pengembangan format produk awal menghasilkan kegiatan memproduksi serta memvalidasi produk. Validasi terakhir dari segi materi memperoleh skor rata rata 4,81 dengan kriteria ? sangat baik?. Validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria ?sangat baik?. Uji lapangan memperoleh skor rata-rata 4,74 dengan kriteria ?sangat baik?. Dengan demikian, LKS IPA berbasis kontekstual ramah lingkungan untuk kelas III sekoah dasar dapat dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar. Kata kunci: IPA, lembar kerja siswa, kontekstual, ramah lingkungan, Bumi danAlam Semesta Y1 - 2018/06/25/ PB - PGSD A1 - Nurdianto, Rahmat M1 - skripsi ID - UNY57371 AV - restricted TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS KONTEKSTUAL RAMAH LINGKUNGAN PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA UNTUK KELAS III SD NEGERI DELEGAN 2 UR - http://eprints.uny.ac.id/57371/ ER -