TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/57367/ AV - restricted TI - HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF DENGAN KONTROL DIRI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL M1 - skripsi ID - UNY57367 PB - PGSD A1 - Rahmawati, Dinda Y1 - 2018/06/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoritatif dengan kontrol diri siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Piyungan yang berjumlah 195 siswa. Ukuran sampel sebanyak 131 siswa diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoritatif dan skala kontrol diri. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dengan kontrol diri siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Besarnya hubungan dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,375 dengan signifikansi p=0,000<0,05, artinya semakin tinggi kecenderungan orang tua membimbing anaknya melalui pola asuh otoritatif maka akan semakin kuat kontrol diri siswa, begitu pula sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,140 menunjukkan bahwa pola asuh otoritatif memberikan sumbangan efektif terhadap kontrol diri siswa sebesar 14% berarti masih ada 86% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: pola asuh otoritatif, kontrol diri siswa ER -