%0 Thesis %9 S1 %A Hikmah, Annafi’atul %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:57362 %I PGSD %T PENANGANAN ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGUNREJO 2 KRICAK KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/57362/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan anak tunagrahita mampu didik dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2 Kricak Kota Yogyakarta. Aspek yang diteliti meliputi penanganan yang dilakukan oleh guru kepada anak tunagrahita mampu didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas III Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan penanganan kepada anak tunagrahita mampu didik dalam pembelajaran sebagai berikut: (1) kurikulum memperhatikan kebutuhan anak tunagrahita dilihat dari metode yang digunakan guru masih sama dengan siswa normal, materi yang dimodifikasi, melaksanakan evaluasi, mengembangkan keterampilan mengikuti ketertiban sekolah, membangun keterampilan interaksi dasar, bergaul dengan baik, membangun kerja sama dengan teman, dan mengembangkan keterampilan memimpin, (2) kondisi lingkungan dilihat dari suasana dalam kelas yang ramai dan lingkungan di sekitar kelas atau sekolah terlihat bersih dan asri, (3) pemenuhan kebutuhan dasar anak tunagrahita dilihat dari pemenuhan kebutuhan psikologis dengan guru memberikan pujian dan motivasi dalam pembelajaran dan sosial dengan guru memberi kesempatan anak tunagrahita untuk menyampaikan pendapat, (4) bimbingan dan latihan kerja dilihat dari pembelajaran keterampilan yaitu menanam pohon cabai dan membuat kerajinan. Kata Kunci: penanganan, anak tunagrahita mampu didik