%A Diah Annisa Resti %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui penggunaan media boneka tangan untuk siswa kelas 2 SD Negeri BanjaranKulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan McTanggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Banjaran, Kulon Progo yang berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatifdan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dananalisis kuantitatif digunakan untuk mengukur rerata tingkat keterampilan menyimak siswa serta persentase dalam proses menyimak di setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Selama menggunakan media boneka tangan, siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam mendengarkan cerita karena boneka bisa berperan dalam casting bentuk, suara, gerakan yang dihubungkan dengan cerita. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil rata-rata keterampilan menyimak siswa pada kondisi awal yaitu sebesar 57,2 meningkat menjadi 64,4 (meningkat sebesar 7,2) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 87,2 (meningkat sebesar 22,8) pada siklus II. Kata kunci:keterampilan menyimak, boneka tangan %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DI KELAS 2 SD NEGERI BANJARAN KULON PROGO %D 2018 %L UNY57360 %I PGSD