@phdthesis{UNY57359, author = {Nikita Ardini}, school = {PGSD}, year = {2018}, title = {KARAKTERISTIK SISWA SLOW LEARNER DI SDN SANGGRAHAN KULONPROGO}, month = {June}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57359/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik siswa slow learner di SDN Sanggrahan, Kulonprogo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa slow learner di kelas IV SDN Sanggrahan Kulonprogo yang berinisial F. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengenai karakteristik siswa slow learner yaitu (1) intelegensi: siswa F memiliki tingkat kecerdasan dan motivasi yang kurang, sehingga nilai hasil belajar siswa F juga rendah; (2) bahasa: siswa F menunjukkan keterbatasan dalam bahasa reseptif dan bahasa ekspresif yang bersifat kompleks; (3) emosi: siswa Fcepat marah dan meledak-ledak serta sensitif, siswa F juga menunjukkan sikap pesimistis, selain itu siswa F sering menunjukkan sikap mengamuk; (4) sosial: siswa F dapat membaur dengan siswa lain, selain itu siswa F sering berbicara dengan teman-temannya, siswa F juga tidak malu bertanya pada orang asing; (5) moral: siswa F sering melanggar peraturan, ketika siswa F melanggar peraturan dan ditegur oleh guru atau temannya, siswa F tidak merasa khawatir ataupun takut, terkadang siswa F menjawab bahkan marah pada orang yang menegurnya. Kata kunci: karakteristik, siswa slow learner} }