TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan desimal menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V SDN 1 Pomah Klaten. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pomah yang berjumlah 25 siswa yang terdiri 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan untuk penggumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada materi perkalian pecahan desimal mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari sebelum adanya tindakan, nilai rata-rata siswa hanya 57,84 dengan persentase ketuntasan hanya 24%. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa menjadi 67,52 dengan persentase ketuntasan mencapai 60%. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa menjadi 75,68 dan persentase ketuntasan mencapai 92%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siklus II diperoleh data lebih dari 75% dari seluruh siswa kelas V memperoleh nilai di atas KKM sehingga proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar Matematika Y1 - 2018/06/25/ A1 - Sulistyowati, Tri PB - PGSD AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PECAHAN DESIMAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 1 POMAH KABUPATEN KLATEN ID - UNY57352 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/57352/ ER -