relation: http://eprints.uny.ac.id/57345/ title: PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV SD/MI SE-GUGUS V KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULONPROGO, TAHUN AJARAN 2017/2018 creator: Latifah, Anis subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi siswa; pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa; dan pengaruh konsep diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Motivasi berprestasi merupakan dorongan yang ada pada diri seseorang untuk mencapai sukses dan menghindari kegagalan yang menimbulkan kecenderungan perilaku untuk mempertahankan dan meningkatkan suatu keberhasilan yang telah dicapai dengan berpedoman pada patokan prestasi terbaik yang pernah dicapai baik oleh dirinya maupun orang lain. Sehingga motivasi berprestasi juga mempengaruhi pilihan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus V Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 148 siswa dan diambil sampel sebanyak 108 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan proportional sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data konsep diri, efikasi diri, dan motivasi berprestasi yaitu skala psikologi berupa skala Likert yang berjumlah 76 item. Instrumen ini diujicobakan pada 32 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 33,26%; efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 25,73%; konsep diri dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 59%. Kata kunci: konsep diri, efikasi diri, motivasi berprestasi date: 2018-06-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/57345/1/Anis%20Latifah.pdf identifier: Latifah, Anis (2018) PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV SD/MI SE-GUGUS V KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULONPROGO, TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.