@phdthesis{UNY57343, author = {Ary Oktarina}, title = {PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI DI SD N GOLO YOGYAKARTA}, school = {PGSD}, month = {June}, year = {2018}, abstract = {Penelitian ini berfokus pada pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di SD N Golo Yogyakarta yang belum pernah diungkap sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pendidikan karakter gemar membaca di SD N Golo Yogyakarta melalui program literasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus.Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sehingga subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, penjaga perpustakaan sebagai pengelola literasi, guru kelas (1, 3, 5), dan siswa.Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tenik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) pendidikan karakter gemar membaca melalui tahap pembiasaan di SD N Golo Yogyakarta melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan membangun lingkungan fisik sekolah yang kaya akan literasi. (2) pendidikan karakter gemar membaca melalui tahap pengembangan yaitu membaca 15 menit sebelum pembelajaran disertai dengan tagihan non akademik, memberikan penghargaan, dan mengembanggkan kemampuan literasi. (3) pendidikan karakter gemar membaca melalui tahap pembelajaran berupa 15 menit membaca sebelum pembelajaran disertai dengan tagihan akademik yang sesuai dengan pembelajaran saat itu. Tagihan-tagihan dan proses pembelajaran yang berbasis literasi sudah sesuai dengan kurikulum 2013. (4) faktor penghambat dari program literasi adalah ada beberapa guru yang sulit mengatur waktu literasi dengan pembelajaran. Kata kunci : pendidikan karakter, gemar membaca, program literasi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57343/} }